RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Madrasah : MTsN SIMPANG
EMPAT
Mata
Pelajaran :
Al-qur’an Hadist
Kelas /
Semester : VII / II
Tahun
Pelajaran : 2012-2013
Standar
Kompetensi : 1. Membaca Al-Qur'an
surat pendek pilihan
Alokasi
Waktu : 2X40 menit (2x
pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menerapkan hukum bacaan mim sukun dalam QS Al Bayyinah
dan Al Kafirun
B. Indikator Pencapaian Hasil Belajar
a.
Menjelaskan pengertian bacaan mim sukun
b.
Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mim sukun
c. Mejelaskan pengertian ketiga hukum mim
sukun
d. Menyebutkan masing-masing huruf dari ketiga hukum min sukun
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran ini, siswa dapat:
a.
Menjelaskan pengertian mim sukun
b.
Menyebutkan macam-macam hukum mim
sukun
c. Memahami dan menjelaskan pengertian tiga hukum mim sukun tersebut
d. Membaca kalimat yang didalamnya mengandung hukum bacaan idgham
miemi, ikhfa safawi dan idhar safawi yang baik dan benar
D. Materi Pembelajaran
§
Mim sukun adalah huruf mim yang berharakat sukun / mati dan huruf
sebelumnya ada kalanya berharakat fathah, kasrah atau dlommah. Contoh: لَكُمْ دِيْنُكُمْ
Apabila
ada mim sukun (مْ) bertemu dengan salah
satu huruf hijaiyah terbagi menjadi tiga hukum bacaan, yaitu : Idzgham
mimi (اذغام ميمي) Ikhfa’ syfawi (اخفاء شفوي)
dan Idzhar syafawi (اظهار شفوي)
-
Idgham miemi
adalah apabila ada mim sukun (مْ) bertemu dengan huruf mim (م), maka hukum bacaannya disebut Idgham miemi artinya kembar. Idgham miemi disebut juga idgham mutamatsilain, cara membacanya di tasydidkan (dengan memasukkan suara mim sukun ke dalam bunyi mim
berikutnya disertai dengan dengung yang sempurna. Huruf idgham mimi hanya satu yaitu mim (م) Contoh:
لقد جاءكم موس - وكم من قرية - لَكُمْ مَا ساءَ لْتُمْ - فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَرَضٌ - وَهُمْ مُهْتَدُوْنَ
- Ikhfa’ Syafawi
Apabila
ada mim sukun (مْ) bertemu dengan huruf ba’ (ب) maka hukum bacaannya disebut ikhfa’
syafawi. Ikhfa’ artinya samar dan syafawi berasal dari kata syafatun artinya
bibir. Cara membacanya dibaca samar-samar dibibir (antara bunyi mim sukun dan
suara ba’) dan didengungkan. Huruf ikhfa’ syafawi hanya satu yaitu ba’ (ب) Contoh :
وَهُمْ بِالْاَخِرَة - بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطْ -
وَهُمْ مُهْتَدُوْنَ-عَلَيْهِمْ مُؤصَدَةٌ -
بَلْ اَنْتُمْ بَشَرٌ-قَدْجَاءَكُمْ بَشَر
- Idzhar Syafawi
Apabila ada mim sukun (مْ) bertemu dengan huruf selain mim (م) dan ba’ (ب) maka hukum bacaannya disebut idzhar
syafawi. Idzhar artinya jelas, sedangkan syafawi berarti bibir. Cara membacanya dengan menjelaskan suara mim sukun tanpa didengungkan. Huruf
idzhar syafawi yaitu :
ات ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل ن و ه ي
Contoh :
ذَلِكُمْ خَيْرٌ - اِلَى قَوْمِهِمْ فَجَاءُوهُمْ- اَنْعَمْتَ -وَ بِالْاَخِرَةِ هُمْ يُوْ قِنُوْن- اَمْثَلُهُمْ - اَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ- لاَيُؤْمِنُوْنَ- لَكُمْ دِيْنُكُمْ
E. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Penugasan
d. diskusi
F. Pengalaman Belajar
1) Kegiatan Awal
§
Membuka pelajaran (Berdo’a, Absen)
§
Apersepsi, motivasi
§
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan KD yang akan dicapai
2) Kegiatan Inti
§ Siswa membaca materi
tentang hukum bacaan mim sukun (ada tiga macam), yaitu idgham miemi, ikhfa’
syafawi, dan izhar syafawi serta contoh-contohnya
§ Peserta didik mendiskusikan
materi hukum bacaan mim sukun.
§ Sebagian peserta didik membacakan temuan pengertian
hukum bacaan mim sukun.
§ Secara bergantian peserta didik menyampaikan
hasil diskusi tentang macam-macam bacaan mim sukun
§ Guru memberikan umpan balik atas hasil
diskusi peserta didik.(Komunikatif, Rasa ingin tahu, Menghargai orang lain)
§ Peserta didik dibawah bimbingan guru membuat
kesimpulan mengenai hukum bacaan mim sukun.( Tanggung
jawab, Komunikatif)
§ Peserta didik memahami materi
tentang hukum bacaan mim sukun ( Cinta ilmul, Tanggung jawab, Mandiri)
3)
Kegiatan Akhir
§ Siswa membacakan kesimpulan tentang hukum bacaan mim sukun
macam-macam mim sukun serta memahami ketiga bacaan hukum mim tersebut
§ Tanya jawab siswa dan guru mengenai semua materi pelajaran
§ Pemberian tugas
G. Alat dan Sumber
a.
Ayo memahami Al-qur’an
Hadis untuk MTs/SMP Islam kelas VII, Erlangga
b.
Qur’an Hadits untuk
madrasah Tsanawiyah, kelas VII Semester 2, Khazanah
H. Penilaian
a.
Teknik : Tertulis
b.
Bentuk soal :
Contoh soal :
carilah kata-kata yang mengandung idgham miemi, ikhfa syafawi dan idhar syafawi
dalam ayat-ayat berikut ini ....
Mengetahuai Simpang
Empat, 18 Februari 2013
Guru Pamong Guru
bidang studi
ABDUL
WAHID S.Pd.I MUSTOFA
NIP.19740421200701031 S1.09.108
Tidak ada komentar:
Posting Komentar